KURIKULUM
Berdasarkan Standar Isi yang
dikembangkan oleh BSNP, Kebijakan Kanwil Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah,
Kebijakan Kandepag Kabupaten Jepara dan hasil rapat internal Komite Madrasah, mata pelajaran yang dikembangkan oleh
Madrasah Ibtidaiyah Al Anwar 01 Tempur Keling Jepara dideskripsikan sebagai
berikut :
1. Komponen Mata Pelajaran
a.
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam
yang dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah Al Anwar 01 Tempur Keling Jepara meliputi sub mata
pelajaran :
1)
Al Qur’an Hadits; Mata Pelajaran Al Qur’an – Hadist di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan
untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis,
membiasakan dan menggemari Al Qur’an dan Hadist serta menanamkan pengertian,
pemahaman , penghayatan isi kandungan ayat – ayat Al Qur’an – Hadist untuk
mendorong, membina dan membimbing aklaq dan perilaku peserta didik agar
berpedoman kepada dan sesuai dengan isi kandungan ayat – ayat Al Qur’an dan
Hadist.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a)
Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al Qur’an
b)
Hafalan surat – surat pendek
c)
Pemahaman kandungan surat – surat pendek
d)
Hadist – hadist tentang kebersihan, niat, menghormati
orang tua, persaudaraan, silaturrahim, taqwa, menyayangi anak yatim, shalat
berjamaah, ciri – ciri orang munafik dan amal shaleh.
2)
Aqidah Akhlaq; Mata pelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta
didik yang diwujudkan dalam akhlaqnya yang terpuji, melalui pemberian dan
pemupukan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang aqidah dan akhlaq Islam
Ruang lingkup dari mata
pelajaran ini meliputi :
1. Aspek Keimanan
2. Aspek Akhlaq
3. Aspek Kisah Keteladanan
3)
Fiqh; Mata pelajaran ini bertujuan bertujuan
untuk membekali peserta didik agar dapat
mengetahui dan memahami pokok – pokok hukum Islam secara terperinci dan
menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli, serta melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum
islam dengan benar.
Ruang
lingkup mata pelajaran Fiqih meliputi eserasian,keselarasan, dan kesieimbangan
antara :
§
Hubungan manusia dengan Allah Swt
§
Hubungan manusia dengan sesama manusia, dan
§
Hubungan manusia dengan alam
lingkungan
4)
Sejarah Kebudayaan Islam; Mata pelajaran ini
bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang
sejarah dan kebudayaan Islam, mendorongs
peserta didik untuk mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam
sejarah serta menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk berahklaq
mulia berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
Ruang lingkup mata pelajaran meliputi :
Di
tingkat Madrasah Ibtidaiyah dikaji tentang sejarah Arab pra Islam, sejarah
Rasulullah SAW dan al-Khulafaur Rosyidin
b.
Pendidikan kewarganegaraan.
Mata pelajaran ini bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif
dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan
bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi, membentuk diri berdasarkan
karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan
bangsa-bangsa lainnya, dan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia.
Ruang lingkup mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut. :
1)
Persatuan dan Kesatuan bangsa,
2)
Norma, hukum dan peraturan,
3)
Hak asasi manusia .
4)
Kebutuhan warga
negara
5)
Konstitusi Negara
6) Kekuasan dan Politik,
7)
Pancasila
8)
Globalisasi
c.
Bahasa Indonesia.
Mata pelajaran ini bertujuan untuk bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan
tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan intelektual,
serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran
Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra
yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Mendengarkan
2) Berbicara
3) Membaca
4) Menulis.
d.
Bahasa Arab.
Mata pelajaran Bahasa Arab bertujuan untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam bentuk lisan
dan tulis, memanfaatkan bahasa Arab untuk menjadi alat utama belajar, khususnya
dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam dan mengembangkan pemahaman tentang
saling keterkaitan antar bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya.
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab ini meliputi :
1)
Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan
(istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2)
Kemampuan gramatika
(Nahwu dan Sharf)
e.
Matematika.
Mata pelajaran ini
bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki
kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan
mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan
tepat, dalam pemecahan masalah, Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti,
atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika, Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,
merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang
diperoleh serta mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau
media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
f.
Ilmu Pengetahuan
Alam.
Mata pelajaran ini
bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki
kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan rasa
ingin tahu, sikap positip dan kesadaran
tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, mengembangkan
keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan
membuat keputusan
Ruang Lingkup bahan kajian IPA
I meliputi aspek-aspek berikut.
1)
Makhluk hidup dan proses kehidupan,
2)
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya
3)
Energi dan perubahannya
4)
Bumi dan alam semesta
g.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran ini bertjuan
untuk agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya,
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial dan Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama
Ruang lingkup mata pelajaran
IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Manusia, Tempat, dan
Lingkungan
2.
Waktu, Keberlanjutan, dan
Perubahan
3.
Sistem Sosial dan Budaya
4.
Perilaku Ekonomi dan
Kesejahteraan.
h.
Seni dan Budaya
Mata pelajaran ini
bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap seni budaya
dan keterampilan, menumbuhkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan.
Ruang lingkup Mata pelajaran
Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Seni rupa,
2) Seni musik
3) Seni tari,
4) Seni drama,
5) Keterampilan,.
i.
Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Mata pelajaran ini
bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang
lebih baik, meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar, mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis dan memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan
yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna,
pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Ruang lingkup mata
pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1) Permainan dan
olahraga
2) Aktivitas
pengembangan
3) Aktivitas senam
4) Aktivitas ritmik
5) Aktivitas air
Kesehatan,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar